TRIP to PALEMBANG

TRIP TO PALEMBANG… DECEMBER 24-26 2010

Kota Palembang merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera setelah Medan, dan dahulunya kota ini sempat menjadi sebuah pemerintahan kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan yang sangat besar pada masanya. Kota Palembang juga merupakan salah satu kota tertua yang ada di Indonesia, dengan ditemukannya peninggalan zaman – zaman kerajaan yang masih ada di kota ini. Selain terkenal dengan sejarah kerajaannya,Palembang juga terkenal dengan kuliner nusantaranya yang menggugah selera. Kuliner yang terdapat di kota ini sangat lah beragam, mulai dari pempek yang sangat terkenal sampai mie celor.

Jika dilihat dari struktur budayanya, kultur di Palembang ada sedikit campuran antara kultur melayu dengan jawa, hal tersebut dibuktikan dengan adanya kesamaan bahasa sehari – hari yang digunakan. Sebagian besar bahasa Palembang hampir sama dengan bahasa jawa, tetapi yang membedakannya adalah logat atau cara pengucapan, pada cara pengucapan lebih cenderung ke logat melayu, berbeda dengan logat bahasa jawa.

Selain itu Palembang juga mempunyai icon kotanya itu sendiri, yaitu jembatang ampera. Sebuah jembatan yang terletak di tengah – tengah kota palembang, yang membentang dan berdiri kokoh di atas sungai Musi. Nama Ampera itu sendiri merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Selain jembatan Ampera, Palembang juga dijuluki sebagai “venice of the east” karena terbentangnya sungai Musi, sungai besar yang memisahkan seberang ulu dan seberang ilir dan sekaligus menjadi salah sungai terbesar di Indonesia.

 

One thought on “TRIP to PALEMBANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s